Sabtu, 11 Februari 2017




Hi sob, untuk memberikan sensasi berkomunikasi yang lebih untuk anda, WhatsApp kini dapat diakses melalui telepon dan komputer anda. WhatsApp web merupakan ekstensi berbasis komputer dari akun WhatsApp pada telepon anda. Pesan yang dikirim dan diterima sepenuhnya disingkronisasikan antara telepon dan komputer anda. WhatsApp Web bukanlah sebuah akun WhatsApp lain, ketika anda menggunakan WhatsApp pada telepon dan komputer anda, anda mengakses akun yang sama dengan dua perangkat.

Untuk dapat menikmati WhatsApp Web, tentunya anda harus memiliki akun WhatsApp aktif pada telepon anda. Selain itu, anda juga harus memiliki koneksi internet yang stabil baik pada telepon maupun komputer anda. Sekedar info aja nih sob, dalam menggunakan WhatsApp web anda direkomendasikan untuk selalu terhubung dengan jaringan Wi-Fi agar anda tidak terkena biaya ekstra karena penggunaan data internet berlebih pada telepon anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mulai menggunakan WhatsApp Web adalah kunjungi web.whatsapp.com melalui browser anda. Kemudian, buka WhatsApp pada telepon anda. Untuk android silahkan masuk ke layar chating, lalu masuk pada pilihan lain,dan pilih WhatsApp web. Untuk IOS, silahkan anda masuk ke pengaturan dan pilih WhatsApp web. Setelah itu anda akan masuk ke halaman pemindaian, silahkan pindai kode QR yang tampil pada layar komputer anda dengan menggunakan telepon anda.

Sayangnya, WhatsApp web tergolong website yang tidak ramah terhadap tunanetra. WhatsApp web memiliki tampilan yang kurang aksesibel dan agak sulit dinavigasikan menggunakan screen reader oleh tunanetra.

Tapi tenang saja sob, F123 Access dapat mengatasi permasalahan ini. F123 Access adalah add-on untuk browser Mozilla Firefox dan Google Chrome yang mampu memformat ulang tampilan website yang kurang aksesibel menjadi lebih aksesibel bagi para pengguna screen reader.

Untuk menggunakan F123 Access silahkan sobat masuk ke http://f123access.com, kemudian klik link sesuai browser yang sedang digunakan. “Go directly to the register and download to Firefox" atau “Go directly to the register and download to Chrome"

Setelah itu, sobat akan dibawa menuju halaman untuk mengisikan formulir pendaftaran. Isikan identitas diri anda secara lengkap. Lalu pilih Sign Up. jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan dan memberikan tanda centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan dari F123 Access.

Setelah mengisi formulir registrasi, anda akan mendapat email dari F123 Access yang berisi instruksi untuk menginstall add-on F123 Access. Buka link tersebut, kemudian install sesuai browser yang anda gunakan.

Kemudian, anda akan dimintai persetujuan penginstalan, gunakan shortcut alt + a untuk mengijinkan. Setelah anda memberikan ijin, anda sudah bisa menginstal F123 Access pada browser anda, gunakan shortcut alt + i untuk memulai penginstalan. Tunggu proses hingga selesai. Kita harus menggunakan keyboard shortcut untuk memberikan ijin dan memulai penginstalan karena tombol mengijinkan dan instal tidak dapat diakses dengan menggunakan penelusuran biasa oleh screen reader.

Ok sob, F123 Access sudah terinstal di browser anda. Pada Firefox anda dapat mengaksesnya melalui menu ribbon atau menggunakan shortcut alt + 3. Disana anda dapat melakukan pengaturan, seperti screen reader apa yang anda gunakan, OS yang terpasang di komputer anda, dan web apa saja yang anda inginkan untuk diubah menjadi aksesible, misal Facebook, Youtube, atau WhatsApp web.

Setelah itu, coba lakukan navigasi pada Whatsapp Web. Sebagai informasi, sebelum menggunakan F123 Access, para pengguna screen reader akan mengalami kesulitan ketika mengklik daftar chat yang ada pada Whatsapp Web (karena bukan berbentuk link, melainkan berbentuk clickable on mouse over). Namun, setelah menginstall add-on F123 Access, daftar chat yang ada akan berubah menjadi bentuk link dan heading.

Gimana cukup mudah kan sob?

Refrensi :
http://itcfb.org/kini-tunanetra-bisa-browsing-lebih-nyaman-dengan-f123-access/

1 komentar:

  1. F123😑😨access is stop working. Now, We change to script to WhatsApp. Read in https://infiartt.com/?p=388

    BalasHapus

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget