Kamis, 09 Februari 2017




Hallo Sob, jika pada tulisan yang lalu saya membahas mengenai fitur Read Receipt dan Last Seen di WhatsApp, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara pengguna TalkBack di Android agar dapat mengetahui status pesan WhatsApp yang dikirimkan.

TalkBack di Android tidak serta merta membacakan status pesan WhatsApp yang kita kirimkan, berbeda dengan VoiceOver di IOS. Setelah membacakan isi pesan, biasanya VoiceOver akan membacakan keterangan yang menyertai pesan tersebut seperti status pesan apakah sudah diterima atau dibaca oleh penerima dan kapan pesan tersebut dikirimkan.

Tapi tenang saja sob, bagi anda pengguna TalkBack masih ada tips kok agar anda tetap bisa mengetahui status pesan yang anda kirimkan. Gimana caranya? Yuk, langsung saja.

Pertama, arahkan TalkBack pada pesan yang anda ingin ketahui statusnya. Kemudian, ketuk dua kali dan tahan pada layar hingga muncul pilihan menu di layar bagian atas. Pada pilihan menu tersebut tersedia berbagai pilihan diantaranya balas, bintang, info, hapus, salin, dan teruskan.

Pilih menu info, lalu ketuk dua kali, lalu telusuri dengan mengusap satu jari pada layar. Nah, sekarang anda sudah bisa mengetahui status pesan yang anda kirimkan. Apakah pesan tersebut sudah diterima dan kapan pesan tersebut diterima, atau apakah pesan tersebut sudah terbaca dan kapan pesan tersebut dibaca.

Tips ini juga bisa diterapkan oleh pengguna VoiceOver di IOS ketika ingin mengetahui status pesan yang kita kirimkan secara lebih detail, misal mengetahui kapan pesan tersebut diterima dan kapan pesan tersebut telah dibaca. VoiceOver biasanya hanya menyebutkan status pesan tanpa detail waktu.

Gimana sob? Mudah kan tipsnya?


Catatan :
TalkBack merupakan aplikasi pembaca layar di Android, sedangkan VoiceOver merupakan aplikasi pembaca layar di IOS. Keduanya merupakan aplikasi yang membantu penyandang tunanetra untuk mengakses smartphone.

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget