Selasa, 02 Februari 2016



Siang itu, Pak Dono hendak pergi ke toko untuk membelikan susu anaknya yang masih berusia 5 tahun. Kebetulan hari itu persedian susu di rumah telah habis, dan mau tidak mau Pak Dono harus pergi untuk membelinya.
Pak Dono pergi ke toko langganannya. Tapi, saying sekali toko tersebut tutup, dan kemudian Pak Dono berputar – putar mencari toko yang buka. Akhirnya sampailah pak dono ke sebuah toko.

Pelayan : Siang Pak… Ada yang bisa saya bantu?

Tanya pelayan laki – laki itu ramah.

Pak Dono : Siang Mas… Saya mau beli susu mas...
Pelayan : oh, baik Pak… Mau susu yang apa pak?
Pak Dono : lah, emangnya disini ada susu apa saja mas?
Pelayan : Oh, kami disini menyediakan berbagai jenis susu dari susu rasa vanilla, coklat, strawberry, mocca, dan pisang…
Pak Dono : ah, itu standart mah…
Pelayan : oh, jangan salah pak… kami juga memiliki susu cabe khusus untuk 18+ …
Pak Dono : Ah, masnya saru ah… masa kayak begituan dijual disini?
Pelayan : hmm, jangan salah sangka dulu pak… Susu cabe itu susu pedas rasa cabe pak. Untuk dewasa karena kan anak – anak nggak mungkin suka pedes pak...
Pak Dono : wah, ok juga tuh kayaknya… saya mau coba deh susu cabe nya satu kotak…
Pelayan : Baik pak, akan saya ambilkan…

Lalu, pelayan itu pergi mengambilkan susu cabe tersebut. Tak berapa lama pelayan itu kembali dengan sekotak susu cabe…

Pelayan : ada yang lain lagi nggak pak?
Pak Dono : oh, ya hamper saja saya lupa… saya kesini mau beli susu untuk anak saya yang berusia 5 tahun… yang rasa coklat ya mas…
Pelayan : Butuh berapa kotak pak?
Pak Dono : Satu saja deh mas…
Pelayan : baik, tunggu sebentar ya pak…

Pelayan itu lalu mengambilkan sekotak susu coklat untuk anak Pak Dono.

Pelayan : Jadi, ini pak. Satu kotak susu cabe untuk 18 tahun keatas seharga 70.000 dan satu kotak susu coklat untuk 5 tahun keatas seharga 50.000. Jadi, totalnya 120.000 pak…
Pak Dono : baik mas ini uangnya…

Pak Dono menyerahkan uang itu kepada pelayan sambil berkata dalam hati. “wah, murah banget ya toko ini. Kalau aku beli susu di toko ini aku bisa hemat banyak nih…”  setelah menerima kembalian pak dono langsung bergegas pulang...

==================================================

2 minggu kemudian, Pak Dono kembali ke toko tersebut sambil marah – marah membawa kotak susu yang dibelinya dari toko itu 2 minggu yang lalu…

Pelayan : Siang pak, Ada yang bisa saya bantu?
Pak Dono : Mas ini gimana sih? Mas sudah menipu saya... *dengan wajah serius dan marah*
Pelayan : lho, menipu gimana pak maksudnya? *kebingungan*
Pak Dono : ini mas. Mas kan masih ingat kalau saya 2 minggu lalu beli susu di toko ini.
Pelayan : iya, saya ingat pak… Bapak beli 1 kotak susu cabe dan 1 kotak susu coklat kan?
Pak Dono : Iya betul itu mas…
Pelayan : lalu masalahnya apa pak?
Pak Dono : Mas ini telah menipu saya…
Pelayan : menipu gimana sih pak? Apa kesalahan saya? *dengan muka penasaran*
Pak Dono : Mas bilang ini susu cabe untuk 18 tahun keatas dan ini susu coklat untuk 5 tahun keatas… tapi, apa nyatanya mas? 2 minggu saja susu ini sudah habis… begitu mas bilang untuk 18 tahun keatas sama untuk 5 tahun keatas lagi… Apa nggak nipu itu namanya? *dengan muka marah*
Pelayan : waduh, bapak ini gagal paham rupanya… *sambil koprol dan mencium dinding toko*
Pak Dono : gagal paham gimana sih mas? Saya ini serius lho…!
Pelayan : Iya, pak yang saya maksud kemarin ini susu cabe untuk umur 18 tahun keatas dan susu coklat untuk umur 5 tahun keatas. Bukan untuk masa 5 tahun keatas atau 18 tahun keatas pak… *menjelaskan dengan penuh kesabaran*
Pak Dono : Nah, tapi ini dikotaknya juga tertulis untuk 5 tahun keatas lho mas…
Pelayan : iya pak, itu juga maksudnya untuk umur 5 tahun keatas pak…
Pak Dono : oh, begitu ya mas… wah, kurang ajar nih… saya kira bisa irit karena susunya bisa untuk 5 tahun keatas ternyata sama aja… *menepuk dahi*

NB :

Cerita ini hanya karangan semata yang didasarkan pengalaman penulis tentang kegagalan seseorang dalam memahami sesuatu. Jika ada kesamaan nama, sifat, karakter, dan pola cerita penulis mohon maaf. *udah kayak penulis beneran aja* huehehehe… cerita ini hanya untuk hiburan, dan mengisi waktu kosong penulis untuk sekedar menulis… *tambah nggak jelas*

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget